-->

Wednesday, June 22, 2016

Apa yang harus di lakukan kalo anak mengalami Luka bakar

Definisi luka bakar adalah luka yang di sebabkan oleh sengatan panas misalnya terbakar, kena air panas,menyentuh minyak panas , menyentuh knalpot yang masih panas dan sejenisnya.
Luka bakar menyebabkan kulit
memerah,menimbulkan rasa pedih,panas dan pada tingkatan lebih tinggi bisa membuat kulit melepuh.untuk anak-anak menghindarkan atau mencegah anak terkena luka bakar itu lebih baik daripada mengobatinya,misalnya saat mandi bisa karena air mandi yang terlalu panas … ini bisa di waspadai dengan memastikan bahwa air yang hangatnya pas sudah benar-benar merata dengan mengaduknya dengan benar, karena kadang belum merata bisa ada yang masih panas.contoh yang lain yang perlu di waspadai adalah saat sang ibu memasak sayur seperti sup atau goreng ikan, jauhkan dari anak-anak .. percikan airnya atau minyaknya bisa menyebabkan luka bakar maka ini juga harus di waspadai orang tua .. beberapa contoh itu kita bisa membuat kesimpulan tingkat kedewasaan dan kewaspadaan orangtualah yang paling di butuhkan untuk hal terbaik bagi anak.
Bagaimana pertolongan pada luka bakar?
Ada berbagai mitos yang berkembang di dalam kehidupan mendidik anak selama ini contohnya saat anak terkena luka bakar maka di beri kecap,mentega sampai di beri pasta gigi .. tapi itu semua tidak jelas dan belum terbukti kebenaranya, mending memakai cara-cara yang dianjurkan …yaitu:
-bersihkan luka bakar dengan air, kalau bisa dengan air yang mengalir
-pada luka bakar yang tahap ringan penanganan dengan air yang mengalir di rasa sudah cukup
-untuk luka bakar yang serius lebih baik langsung menghubungi petugas medis terdekat
-saat anak terkena luka bakar jangan di perban ataupun diberi antiseptik, ini hanya akan menambah sakit taoi tidak mengobati
-luka bakar yang di tangani dengan cepat tidak akan meninggalkan bekas luka kecuali yang pada luka yang terlalu lebar dan berparut (luka bakar yang serius)

Demikian sedikit cara yang sederhana dan penjelasan tentang luka bakar semoga artikel ini memberi manfaat , mencegah lebih baik daripada mengobati .. kalimat itu sangat cocok untuk selalu diterapkan saat membesarkan anak terutama dalam hal kesehatan.

Yang tlah berlalu biarlah berlalu

0 komentar:

Post a Comment

Hubungkan ke Facebook

Contact Us
Goa Maria Lawangsih
0852-9219-3234
Patihombo yogyakarta